Ikan Kaca Piring saus Chung

Sore kemaren saya jalan-jalan ke daerah Jogja selatan. Karena bingung mau kemana, akhirnya malah sempat terdampar di Superindo. Masuk situ, refleks langung menuju area daging-dagingan dan ikan-ikanan. Eh disitu nemu ikan yang segar dan lucu namanya: Ikan Kaca Piring.

Ikan ini panjangnya sekitar 15cm dengan diameter sekitar 2cm. Harganya relatif murah, sekilonya 19rb, beli 4 ons jadinya kena 7rb. Sempet bingung sih, mau dimasak kayak apa. Setelah rada muter-muter di area sayuran, saya beli daun bawang chung; ini kayak daun bawang biasa, tapi lebih kecil ukurannya.

Akhirnya kebayang juga mau dimasak seperti apa. Kita beri nama “Ikan Kaca Piring Saus Chung”. Tadi pagi, mulailah prosesi memasaknya. Untuk porsi berdua, bahan-bahannya adalah:

– 4 ons ikan Kaca Piring
– 3 bonggol daun bawang chung
– 2 jeruk lemon kecil (atau bisa diganti jeruk nipis)
– 3 siung bawang putih
– 1 siung bawang merah
– 3 cabe hijau besar
– 1 tomat merah besar
– 2 sdm olive oil (Bertolli – mild)
– minyak goreng secukupnya
– kecap secukupnya (Bango)
– 1 sdm oyster sauce (Saori)
– garam secukupnya

Cara masaknya:

Lumuri ikan dengan air jeruk lemon dan garam, dan diamkan 30-45 menit. Proses ini akan menghilangkan amis dan memperkuat karakter gurih di daging ikan kita ini.

Geprak dan rajang halus bawang putih. Bawang merah kita rajang tipis-tipis. Untuk cabe hijau dirajang agak besar. Tomatnya kita potong dadu, kecil-kecil. Lalu siapkan 2 wajan, satu buat menggoreng, satunya lagi untuk membuat sausnya.

Panaskan minyak goreng, lalu masukkan ikan dengan api agak besar hingga matang dan agak crispy (karena kalau masih basah durinya nyusahin, hehe). Meanwhile, kita tumis bawang putih dan bawang merah di wajan satunya menggunakan olive oil. Penggunaan olive oil ini akan memberi karakter ‘penuh’ di saus kita.

Setelah bawang putih berubah warna agak kekuningan, masukkan cabe hijau, disusul dengan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan air secukupnya dan aduk-aduk hingga tomat hampir lumat, lalu tambahkan oyster sauce dan kecap untuk menambah nuansa ‘seafood’ dan rasa gurih. Beri garam secukupnya.

Setelah ikan matang, angkat dan tiriskan. Karakter ikan ini agak rapuh, jadi kalau diaduk-aduk dalam saus, dipastikan bakal hancur. Tapi kalau saus hanya disiramkan diatas ikan, nggak akan bisa meresap dalam daging ikan kita ini. Nah, here’s the tricky part, buah simalakama kita.

Untuk menyiasati problem diatas, pindahkan saus kita yang sudah matang tadi dari wajan ke wadah lain. Kemudian, letakkan ikan didalam wajan tempat kita tadi membuat saus. Lalu tatalah daun bawang chung ke atas ikan tersebut. Ngga harus terlalu rapi, asal kira-kira tersebar rata diatas ikan. Lalu siramkan sausnya.

Nyalakan api dan tutup wajan tersebut, kira-kira 5 menit atau hingga daun bawang chung layu. Pindah ke piring lebar ceper. Voila! Jadilah Ikan Kaca Piring Saus Chung kita!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Bisnis | Kuliner

Blog pribadi ini membahas tentang dunia kuliner dari berbagai aspek; review tentang rasa ataupun kupasan bisnis serta teknologi didalamnya.

August 2008
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d bloggers like this: